Wednesday, February 18, 2015

ALARM LAPTOP



IT INFO
ALARM LAPTOP
A.               Dengan ukuranmnya yang kecil dan ringan, laptop menjadi sasaran empuk bagi para pencuri. Belum lagi bila Anda sering membawanya bebergian. Kemungkinan terjadi pencurian atau tertinggal pun semakin besar. Untuk keamanan laptop Anda di rumah atau di luar rumah, sebaiknya Anda melengkapi laptop dengan aplikasi keamanan. Salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda mengamankan laptop adalah LAlarm.
Aplikasi ini memiliki beragam fasilitas alarm untuk mengamankan laptop Anda. Aplikasi ini bisa diunduhkan secara gratis melalui alamat http :// www. LAlarm. Com/en/Download. htm. Setelah mendapatkan aplikasi tersebut, lanjutkan dengan melakukan instalasi aplikasi dengan mengikuti panduan singkat di bawah ini.

1.     Bukanlah folder penyimpanan file instalasi aplikasi Lalarm. Lantas klik-ganda pada file aplikasi tersebut.
2.     Pada kotak dialog Lalarm Setup yang muncul, pilihlah opsi install.
3.     Lanjutkan dengan memilih tombol I Agree.
4.     Kemudian klik tombol OK tanpa perlu memasukkan kode lisensi.
5.     Pada tampilan kotak dialog berikutnya, pilihlah tombol Continue.
6.     Terakhir, klik tombol Exit setelah proses instalasi selesai dilakukan.
7.     Selanjutnya, restart laptop Anda.
B.   Menggunkan Fasilitas Alarm Pencurian
Bila aplikasi LAlarm telah terpasang, Anda dapat langsung memanfaatkan salah satu fasilitas di dalamnya, yakni fasilitas alarm pencurian untuk menggunakan laptop. Fasilitas ini bisa Anda gunakan dengan cara yang mudah dan sederhana. Berikut ini contoh penggunaannya :
1.     Misalkan Anda harus mengisi ulang baterai di tempat umum, maka Anda bisa mengaktifkan fasilitas alarm pencurian ini untuk mengamankan laptop Anda dari pencuri. Untuk menggunakan fasilitas ini lakukanlah proses pengisian baterai seperti biasa dengan memasang charger laptop ke laptop.
2.     Kemudian tekanlah kombinasi tombol logo Windows + L untuk mengunci laptop amda sekaligus mengaktiofkan fasilitas alarm pencurian. Anda akan mendengar bunyi pendek yang tidak terlalu nyaring sebagai tanda bahwa fungsi alarm telah diaktifkan.
Dengan cara sederhana ini, alarm akan berbunyi nyaring sekali saat seseorang melepaskan charger dari laptop mereka. Alarm ini akan memberi peringatan bagi Anda bahwa ada seseorang yang sedang melakukan aksi pencurian. Bila Anda tidak sedang mengisi baterai laptop, alarm ini jugsa bisa Anda aktifkan dengan memasang USB flash driver yang dihubungkan dengan tali pengikat. Ujung tali pengikat USB flash driver bisa nada ikatkan pada kaki meja atau kaki kursi untuk mengamankan laptop. Kemudian tekanlah kombinasi tombol logo Windows + L untuk mengunci laptop dan mengaktifkan alarm. Nantinya bila seseorang melepaskan USB flash driver-nya, alarm akan berbunyi dengan nyaringnya.
Bunyi alarm hanya bisa dihentikan dengan memasukkan password yang tepat     untuk masuk ke sistem laptop anda. Alarm ini tetap aktif meskipun laptop telah dimatikan atau kehabisan energi dari baterai. Untuk itu pastikan Anda telah malengkapi password yang aman untuk mengakses laptop Anda.
C.   Menentukan Zona Aman Laptop
Setelah fasilitas alarm pencurian, Lalarm juga menyediakan fasilitas untuk mengatur zona aman laptop Anda. Nantinya bila laptop Anda keluar dari zona aman yang telah ditentukan, maka alarm secara otomatis akan berbunyi. Karena zona aman dan zona tidak aman akan dikenali melalui alamat IP, maka fasilitas ini hanya bisa mendeteksi mendeteksi zona tersebut bila terkoneksi dengan internet. Jika komputer Anda tidak terkoneksi ke internet, maka zona yang telah ditetapkan tidak akan terdeteksi. Bila Anda tertarik menggunakan fasilitas ini, lakukanlah konfigurasi berikut ini.
1.          Munculkan terlebih dahulu jendela konfigurasi aplikasi LAlarm.
2.     Caranya, klik pada tombol kanan mouse pada ikon LAlarm di status bar dan pilihlah Options
3.     Pada jendela aplikasi LAlarm yang muncul, masuklah ke Tab Zona. Lalu klik tombol Add untuk menambahkan zona aman pada laptop Anda.
4.     Pada kotak dialog IP Address yang muncul, lengkapi informasi mengenai zona aman untuk untuk laptop Anda dengan mengetik sebuah nama pada zona aman di kolom Place. Masukkan alamat IP zona aman terssebut di kolom IP Address atau klik opsi Show Current IPAddress bila Anda ingin memasukkan alamat IP lokasi saat ini sebagai zona aman laptop.
5.     Sebuah zona aman bagi laptop Anda telah ditambahkan. Anda bisa menambahkan zona aman lainnya dengan memilih tombol Add dan melengkapi informasi tentang zona aman tersebut seperti langkah-langkah diatas. Anda bisa menambahkan alamat IP zona aman dari lokasi-lokasi yang sering Anda kunjungi, misalnya kantor atau rumah. Diluar zona aman yang Anda tetapkan, laptop akan mendeteksi sebagai zona tidak aman. Bila zona aman menggunakan alamat IP yang berubah-ubah, maka masukkanlah beberapa alamat IP yang mungkin digunakan di zona tersebut.
6.     Masukkan ke Tab Alarm dan lakukan pengaturan dibawah ini.
·        Aktifkan opsi Enable Inattention Alarm in the Follwing Zone (S) dan tentukan zona sehingga alarm tersebut akan berbunyi bila laptop berada di zona tersebut dan tidak digunakan dalam kurun waktu yang tertera pada opsi ini.
·        Aktifkan opsi Enable Perimeter Alarm In The Following Zone (S) dan tentukan zona agar alarm laptop aktif jika laptop Anda berada di area tersebut.
7.     Jika sudah klik tombol Apply, lalu klik OK.
8.     Restart laptop Anda atau Log off sehingga pengaturan yang Anda lakukan dapat diterapkan.
D.   Pengingat Waktu Istirahat
        Duduk bekerja dengan laptop terlalu lama tidak hanya bisa menganggu kesehatan Anda tetapi juga laptop Anda. Terlebih lagi bila Anda tidak menggunakan coolpad untuk menjaga suhu laptop Anda biar tetap stabil. Untuk itu, Anda bisa mengatur agar sebuah peringatan ditampilkan dan dibunyikan jika Anda telah bekerja dengan laptop selama waktu tertentu. Caranya sebagai berikut :
1.         Munculkan kembali jendela pengaturan aplikasi LAlarm.
2.     Pada jendela LAlarm Option yang muncul, masuklah ke Tab Alarm 2. Aktifkan opsi Enable Health Alarm dan masukkan lama waktu kerja Anda serta lama waktu beristirahat.
3.     Sesudah itu klik tombol Apply > OK.
4.     Restart laptop Anda atau Logoff sehingga pengaturan dapat diterapakan.

Nantinya bila Anda bekerja dengan laptop lebih dari waktu yang telah ditentukan, suara alarm peringatan akan terdengar dan muncul juga sebuah kotak peringatan yang meminta Anda untuk beristirahat.

0 comments:

Post a Comment